Masalah Printer EPSON LQ2190



Epson LQ2190
Printer EPSON LQ2190
Masalah Printer EPSON LQ2190 yang pernah saya alami ada berbagai macam. Nah Pada kesempatan ini saya akan sedikit berbagi beberapa Masalah Printer EPSON LQ2190 yang pernah saya alami. Salah satu tipe printer Dot Matrix yang terkenal bandel dan sering digunakan diperkantoran adalah printer EPSON LQ2190. Printer LQ2190 bisa untuk mencetak berukuran besar seperti kertas A3 yaitu 2x ukuran kertas folio. Print head menggunakan 24 pin jarum yang berpengaruh pada kerapatan dan kecepatan mencetak. Walaupun terkesan sederhana dengan hasil cetakan hitam putih, Printer Dot Matrix sangat diperlukan di banyak perkantoran dan bank. Ini adalah karena kelebihan yang dimiliki dibandingkan dengan printer yang ada pada umumnya (printer deskjet) yaitu bisa mencetak dengan kertas continous form dan juga bisa mencetak 2 atau 3 lapis kertas sekaligus menggunakan kertas carbon 2 ply atau 3 ply untuk keperluan duplikat arsip. Printer ini mempunyai suara khas yang berisik saat mencetak dan terkenal awet. Selama memakai printer dot matrix jenis  EPSON LQ2190, terkadang timbul beberapa masalah kecil. Berikut beberapa Masalah Printer EPSON LQ2190 yang sering terjadi dan cara mengatasinya:

1. Kertas sobek saat mencetak.
Masalah Printer EPSON LQ2190
Print Head
Masalah Printer EPSON LQ2190 ini bisa diatasi dengan mengambil plat yang menempel antara print head dan pita. Walaupun tanpa plat ini printer tetap berjalan dengan normal. Terkadang problem ini juga terjadi karena jarum headprint terlalu tajam, bisa diatasi dengan cara lepas headprint  kemudian diamplas jaru yang terlalu panjang. Cek juga kondisi plat tipis yg menempel pada roler penarik kertas, terkadang permukaaan seng yang bengkok menyebabkan kertas sobek atau kertas tidak bisa keluar dengan lancar.

2. Hasil cetak bergaris
Masalah Masalah Printer EPSON LQ2190 ini biasa terjadi karena jarum headprint yang tumpul. Jika hanya beberapa jarum yan tumpul, bisa di lakukan penggantian di tempat service tidak perlu mengganti headprint keseluruhan karena harganya mahal hampir satu juta. Untuk biaya penggantian jarum biasanya berkisar antara 25rb sampai 30rb per jarum.

3. Printer mengeluarkan bunyi bip bip beberapa kali lampu pada panel control kedip2 dan printer tidak bisa untuk mencetak.
Masalah Printer EPSON LQ2190 Ini biasa terjadi karena problem sensor. Coba cek kabel2 sensor ada yang putus. Problem paling parah adalah harus ganti mainboard.


Baca Juga : Cara Membongkar Printer Epson LQ2190


4. Hasil cetakan printer berupa huruf symbol acak.
Masalah Printer EPSON LQ2190 Ini biasanya karena kabel sudah waktunya diganti atau colokan kabel LPT kurang kencang atau berkarat. Coba Tukar dengan kabel  printer lain yang normal untuk m ngecek apakah problem ada pada kabel.




Untuk harga printer Printer EPSON LQ2190 ini memang sangat mahal Sekitar 6jutaan. Jika dibandingkan printer deskjet, harga segitu bisa untuk membeli printer deskjet kualitas foto dengan fitur yang sangat lengkap.

Sekian tips dari saya semoga bermanfaat..





Keyword : printer dot matrix, printer problem, masalah lq2190, Masalah Printer EPSON LQ2190

Related Posts:

4 Responses to "Masalah Printer EPSON LQ2190"

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Bagaimana pengaturannya agar saat cetak tidak loncat halaman ka?

    ReplyDelete
  3. Where can buy best Epson Printer in Uae, Epson LQ-2190 Printer in Uae, Epson LQ-2190 Dot Matrix Printer in Uae
    https://gccgamers.com/epson-lq-2190-dot-matrix-printer-lq-2190.html

    ReplyDelete