Cara Mengecilkan Ukuran file Image Dengan Tool Sederhana di Windows

Cara Mengecilkan Ukuran file Image bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, bisa dilakukan secara online atau dengan menggunakan software image editor. Yang biasa kita lakukan adalah dengan menggunakan Software image editor seperti photosop, coreldraw, Adobe  Ilustrator dan lain-lain. Tapi buat yang tidak mau ribet instal-instal dan hanya ingin melakukan edit sederhana misalnya Mengecilkan Ukuran file Image, kita bisa mengandalkan fitur bawaan dari windows yaitu program paint. Kisah ini bermula ketika saya hanya mempunyai komputer standar dari kantor yang benar-benar masih bersih dari program-program tambahan sedangkan saya harus mengirimkan email berupa file gambar yang ukurannya terlalu besar. Agar email terkirim dengan cepat yang harus saya lakukan adalah Mengecilkan Ukuran file Image. Masalahnya adalah gak ada file image editor yangterinstall dikomputer saya, sedangkan untuk melakukan install aplikasi tambahan harus mengikuti prosedur yang ribet dan gak boleh memakai software bajakan. Akirnya saya menggunakan program paint untuk Mengecilkan Ukuran file Image agar ukuran gambar yang akan saya kirim tidak terlalu besar. Berikut ini akan saya sampaikan Cara Mengecilkan Ukuran file Image dengan paint.

Mengecilkan Ukuran File Image Awal
Ukuran Gambar Awal

Saya akan merubah Mengecilkan Ukuran file Image diatas menjadi ukuran yang lebih kecil. Ukuran asli gambar ini memiliki resolusi 1241 x 783  dan ukuran file 437 KB



Buka gambar dengan klik kanan gambar pilih edit, maka gambar yang akan dikecilkan masuk ke editor paint. Kemudian Pencet Ctrl +W sampai muncul form Stretch and Skew seperti gambar berikut. Dalam form ini dikelompokkan menjadi 2 inputan, inputan forn stretch untuk mengubah ukuran gambar sedangkan inputan Skew untuk memutar gambar.


Untuk Mengecilkan Ukuran file Image, ubahlah presentase pada form strech horizontal dan vertical menjadi persentase ukuran yang anda inginkan, jika ingin Mengecilkan Ukuran file Image menjadi lebih kecil masukkan persentase kurang dari 100%, sedangkan kalao ingin memperbesar ukuran image, masukkan persentase lebih dari 100%. Stretch horizontal dan vertikal presentase harus sama untuk mengahsilkan ukuran image proporsional seperti gambar aslinya.

cara memperkecil kapasitas image
Menu Yang Tampil Setelah Memencet Ctrl + W


cara mengecilkan image size
Ukuran Gambar Setelah Di Kecilkan

Gambar di atas adalah ukuran file JPEG yang telah di kompress menjadi 50% dari aslinya. Sekarang resolusi file jpeg menjadi lebih kecil dari aslinya, yang tadinya berukuran 1241 x 783

menjadi 621 x 392 dan ukuran filenya juga lebih kecil yang tadinya 437 KB menjadi 65,8 KB.


Pada menu inputan skew berfungsi untuk merotasi gambar, dimana nilai maximal angka yang bisa diisi adalah 89 dan minimal -89. Contohnya saya akan merotasi gambar 10 derajad ke kanan(+) dan 10 derajad ke bawah(-) maka saya akan mengisi nilai Horizontal 10 dan Vertikal -10. Angka Plus mines akan berpengaruh pada arah rotasi, hasilnya seperti gambar di bawah.
cara memperkecil image
Gambar Hasil Rotasi




Berikutnya kalo anda memiliki koneksi internet yang cepat, anda bisa Mengecilkan Ukuran file Image secara online. Mengecilkan Ukuran file Image secara online memang lebih mudah tinggal upload terus kita setting ukuran gambar yang mau diperkecil. Salah satu web yang saya gunakan untuk Mengecilkan Ukuran file Image  secara online disini adalah jpeg-optimizer.com. Saya akan Mengecilkan Ukuran file Image berikut secara online

 Mengecilkan Ukuran file Image  secara online disini adalah jpeg-optimizer.com. Saya akan Mengecilkan Ukuran file Image berikut secara online
File Asli Sebelum Di Kecilkan
Ukuran resolusi file image diatas adalah 1280 x 720, sedangkan ukuran file nya adalah 114 KB.





 Langsung saja buka web  jpeg-optimizer.com maka akan tampil antar muka seperti ini.
Mengecilkan Ukuran Image Secara online
Tampilan Web Mengecilkan Image Secara Online


Lakukan langkah pertama dengan mengupload gambar awal dengan memencet tombol pilih file yang ditunjukkan pada petunjuk angka 1. Pada langkah ini saya mengupload file image T-50.jpg yang memiliki resolusi file image 1280 x 720, sedangkan ukuran file nya adalah 114 KB. Kemudian Masukkan nilai seberapa besar foto anda akan diperkecil seperti pada menu input nomer 2 Compress Image, disini saya masukkan angka 50 yang berarti saya menginginkan foto saya nanti ukurannya menjadi 50% dari foto asli. Kemudian isikan berapa resolusi foto yang anda inginkan pada inputan nomer 3 Resize Photo, inputan ini akan mengubah ukuran resolusi Width foto yang berarti adalah lebar foto, sedangkan tinggi foto akan menyesuaikan secara proporsional. Dalam langkah ini saya memasukkan nilai resolusi lwbar foto saya nanti menajdi 640 Pixel. Langkah selanjutnya adalah klik Optimize Photo seperti pada nomer 4. Kemudian gambar akan diproses dan ditampilkan hasil akirnya.


Mengecilkan Ukuran file Image online
Hasil Image Setelah Di Kompress
Hasil gambar yang telah dikompress resousinya menjadi 640 x 360 yang tadinya berukuran 1280 x 720 Pixel. Sedangkan ukuran file image manjdi lebih kecil dari yang awalnya 114.8 Kb menjadi 24.2 Kb

Kemudian tinggal klik kanan save as atau simpan gambar sebagai, untuk mendownload image hasil kompresan tadi. Sayangnya akan terlalu lama jika kita Ingin Mengecilkan Ukuran file Image dalam jumlah yang banyak sekaligus. Untuk mengecilkan banyak file image sekaligus secara online, bisa melalui website ini picresize.com



Sekian Cara Mengecilkan Ukuran file Image secara online maupun dengan tool windows paint, semoga bermanfaat.










Related Posts:

2 Responses to "Cara Mengecilkan Ukuran file Image Dengan Tool Sederhana di Windows"

  1. di compress biar lebih cepet buat upload gambarnya ya.. klo sy biasanya pakai software gan :)
    kunjungi balik gan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat yang laptop nya masih standar, perusahaan kan gak berani install aplikasi bajakan. Thanks kunjungannya

      Delete