Cara Membongkar Printer Epson LQ2190

Pada postingan kali ini saya akan berbagi pengalaman saya Membongkar Printer Epson LQ2190. Dimana printer ini memiliki kemampuan mencetak kertas A3 dan memiliki ukuran yang besar. Spesifikasi headprint Printer Epson LQ2190 memiliki 24 pin sehingga berimbas pada kecepatan mencetak yang lebih cepat. Printer Dot Matrix sangat diperlukan untuk mencetak di perkantoran karena mempunyai kemampuan mencetak kertas tembus sebagai duplikat sebagai arsip bukti transaksi. Sering sekali saya mengatasi permasalahan dengan printer EPSON LQ2190, diantaranya adalah :

Baca Juga : Masalah Printer EPSON LQ2190

1. Printer mengeluarkan bunyi bip terus menerus dan lampu panel control terus ber kedip karena ada kabel sensor atau kabel dinamo putus karena di gigit tikus.
2. Fungsi tombol panel control tidak ber fungsi dan terkadang ber henti mencetak di tengah jalan yang di sebabkan oleh rusak nya kabel flexybel yang menancap pada panel control.
3. Kertas sobek atau kadang kala berjubel di dalam tidak bisa keluar karena plat PGS roller yang sudah tidak lurus lagi.
4. Kertas tidak bisa di tarik dengan normal oleh roller yang dikarenakan roller terlalu licin bisa diatasi dengan mencuci roller dengan sabun.
5. Roller berputar terus menerus tidak mendeteksi adanya kertas yang bisa diatasi dengan mengecek sensor kertas sebelah headprint, lakukan penyetelan dengan mengencangkan atau mengendurkan baut sampai sensor kembali normal.

Karena besar dan beratnya printer ini, terkadang saya lebih memilih untuk membongkar sendiri jika terjadi kerusakan kecil. Berikut ini adalah step by step Cara Membongkar Printer Epson LQ2190.


Pertama lepaskan tatakan kertas, penutup, pemutar roller dan penarik kertas sehingga tampak seperti gambar ini

Melepas Penutup Printer EPSON LQ2190
Lepaskan Sema Penutup Printer LQ2190










Lepaskan Roller dengan cara melepas kancing kanan dan kiri, kemudian tarik kearah kanan dan angkat keatas.

Melepas Roller Printer Epson LQ2190
Lepaskan Roller Printer LQ2190





Lepas kan tombol panel control dengan menggunakan obeng Untuk melepas kancing panel control. Hati2 karena ada kabel flexyble yang harus dilepas terlebih dahulu. Kemudian lepaskan baut yang jumlahnya ada 5.

Panel Control Printer LQ2190
Melepas Panel Control Printer EPSON LQ2190








Lepas kan kacing casing yang berada di sebelah kanan kiri printer dengan menggunakan obeng men(-), kemudian angkat casing dengan hati-hati.

Membuka Casing Printer EPSON LQ2190
Mlepas Kancing Casing Printer EPSON LQ2190








Printer sudah tampak komponen, tinggal kita cek saja tergantung problem printer nya. Biasanya saya cek kabel-kabel sensor yang putus karena di makan tikus

KoMponen Printer EPSON LQ2190
Komponen Printer EPSON LQ2190




Demikian tutorial Cara Membongkar Printer Epson LQ2190, semoga bermanfaat



Baca Juga : Masalah Printer EPSON LQ2190








Related Posts:

1 Response to "Cara Membongkar Printer Epson LQ2190"