Rooting android

Rooting merupakan istilah yang digunakan untuk melakukan modifikasi hak akses file system pada ponsel android. File system pada android terdiri dari file-file dan sub file yang jika digambarkan secara sistematis berbentuk seperti cabang sehingga di namakan root(cabang). File-file system ini di simpan dalam ROM(read only memory) dengan proteksi   karena akan berakibat android error jika ada salah satu file system yang korup atau terhapus. Rooting memungkinkan akses penuh terhadap sistem operasi sehingga pengguna lebih leluasa untuk memodifikasi sistem. Rooting mengacu istilah pengguna administrator yang juga dinamakan denga superuser pada system operasi linux , Karena android dikembangkan dari linux yang opensource atau licency terbuka. Pengguna android yang telah me root ponselnya seharusnya sudah benar-benar lebih memahami apa yang dia lakukan dengan ponselnya, karena rooting android mempunyai efek positif dan efek negatif.

Kerugian rooting android:
1. Menghilangkan garansi pabrik.
Pertimbangkan dahulu sebelum melakukan rooting android mu, karena klaim garansi akan ditolak jika ponsel dalam keadaan telah di root.

2. Mudah terjangkit malware.
Malware adalah program jahat yang dibuat dengan tujuan tertentu, misalnya memata-matai pemilik ponsel, mencuri password dimana program ini berjalan di background sehingga tidak diketahui pengguna.


3. System tidak stabil.
Proses android menyisakan file log dan trmporary file yang lama kelamaan akan menumpuk karena tidak terproteksi. Jika file ini bertambah besar tanpa ada pembatasan, lama kelamaan akan mengganggu kinerja sistem.


4. Ponsel bisa mati total.
Jika rooting gagal dapat mengakibatkan kerusakan berupa boot loop dimana saat di hidupkan hanya muter-muter restart ber kali-kali, kalo sudah seperti ini butuh penanganan lebih lanjut.


Keuntungan rooting android:
1. Lebih leluasa untuk melakukan kostumisasi.
Ada saat nya kita bosan dengan ponsel yang gitu-gitu aja. Misalnya bosan dengan font atau ingin meningkatkan kinerja ponsel dengan overclock processor yang mensyaratkan android mu telah di root.


2. Bisa menjalankan aplikasi yang membutuhkan akses root.
Ada beberapa aplikasi di play store yang mensyaratkan hanya bisa berjalan di android yang telah di root. contoh nya netcut for android,Titanium Backup, Set CPU dll.


3. Melakukan update OS.
Buat ponsel lama yang sudah tidak di support update versi android nya, akan tetap bisa merasakan android terbaru dengan install custom rom.


Sebagian besar ponsel yang ada di pasaran memungkinkan untuk di root, tetapi ada beberapa vendor ponsel yang sulit di root karena support nya jarang. Ponsel yang telah di root ibarat kita memakai komputer dengan login administrator, maka sebaiknya anda memang benar-benar sudah tahu apa yang anda install.

Related Posts:

0 Response to "Rooting android"

Post a Comment