Tips Sebelum Membeli Smartphone Bekas Ataupun Baru

Tips Sebelum Membeli Smartphone yang harus anda ketahui agar nantinya anda tidak menyesal karena hanya mengikuti trend. Jangan Sampai smartphone yang anda beli ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi yang anda bayangkan. Perkembangan teknologi smartphone yang begitu pesat, banyak beredar Smartphone baru dipasaran yang menawarkan teknologi terkini, sehingga kadang membuat konsumen bingung produk manakah yang paling sesuai dengan yang mereka butuhkan. Karena Smarphone mahal bukan jaminan memenuhi kriteria yang anda butuhkan.  Berikut adalah Tips Sebelum Membeli Smartphone Bekas Ataupun Baru yang sebaiknya anda pertimbangkan: 

1. Sistem Operasi 

Pernah mendengar istilah Android? Ini adalah salah satu System Operasi Smartphone yang paling popular dan paling booming saat ini. System Operasi Smartphone bepengaruh pada seberapa banyak aplikasi dan dukungan pada Handphone kamu. Misalnya dulu jamannya booming game Angry Bird, tidak semua Smartphone Di dukung untuk menjalankan aplikasi game ini. Game ini hanya bisa berjalan buat Smartphone Android seperti Samsung galaxy series, Sony Experia Series dan perangkat Apple Iphone(IOS). Buat yang punya Smartphone selain Android dan Iphone(IOS) seperti Blacberry harus gigit jari karena tidak bisa menjalankan game ini. Jadi sebelum membeli Smartphone, pertimbangkan baik-baik System Operasi apa yang tertanam pada perangkat yang kamu beli sehingga tidak terjadi penyesalan di kemudian hari Smartphone mu tidak bisa menjalankan aplikasi terkini. System Operasi Smartphone yang ada dipasaran adalah:
  • Android yang diadposi perangkat Samsung Galaxy series(Galaxy mini, Galaxy S5, Sony Experia series(Experia Z, Experia E, Experia J), HTC( HTC one, HTC Desire, HTC one X), Lenovo( Lenovo A319, Lenovo vibe X, Lenovo k900). 
  • IOS(Iphone Operating System) yang diadopsi oleh prangkat Apple Iphone (Iphone 3G, Iphone 4, Iphone 5, Iphone 6). 
  • Windows phone yang diadopsi terutama oleh perangkat Microsoft lumia yang Dulu nya NOKIA ( Lumia 535, Lumia 635, Lumia 940). 
  • Blackberry OS yagn diadopsi oleh perangkat Blacberry( Blacberry curv, Blacberry Bold, Blackberry Z10, Blacberry Z3). 
  • Symbian yang kini sudah di stop pengembangannya diadopsi oleh perangkat NOKIA(Nokia N70, NOKIA N73, NOKIA 3650). Pertimbangkan ponsel dengan system operasi yang menyediakan banyak aplikasi seperti Android, Iphone atau windows phone. Jangan tergiur dengan fisik ponsel yang bagus tetapi pada akirnya kamu akan menyesal karena dukungannya yang minim. Tiap Sistem Operasi mempunyai keunggulan dan kekurangn masin-masing. Untuk saat ini, Android adalah pilihan yang tepat karena mempunyai toko aplikasi terbanyak dan rutin mengeluarkan update System Operasi. 


2. Digunakan untuk apa 
Ini adalah hal penting yang harus kamu petimbangkan saat membeli Smartphone. Jangan sampai kamu membeli Smartphone mahal dan canggih tetapi Cuma kamu gunakan untuk telpon dan SMS. Pilihlah Smartphone yang sesuai dengan kebutuhan mu. misalnya buat kamu yang sering chatingan, BBMan tidak perlu membeli Handphone dengan spesifikasi terlalu tinggi seperti Galaxy S5, atau Galaxy Note 4. Cukup membeli Smartphone dengan spesifikasi menengah dibawah 2 juta sesuaikan dengan budget kamu. Berbeda kalau kamu suka main game, dibutuhkan handphone dengan spesifikasi yang tinggi agar bisa menjalankan game dengan baik. Terkadang orang membeli ponsel karena gengsi atau karena ikut-ikutan dan akirnya tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal. 

3. Merek 
Merek ponsel akan menentukan kualitas dan kenyamanan kamu saat menggunakan nya. Pengalaman memakai ponsel local buatan cina seperti EVERCOSS, Smartfren Andromax akan berbeda dengan saat memakai ponsel SAMSUNG, SONY dan HTC walaupun menggunakan System Operasi yang sama. Ponsel cina biasanya kurang nyaman saat digunakan dan mudah mengalami kerusakan. Keluhan yang biasanya dialami adalah, panas yang berlebihan, baterai cepat habis, sering hung dan dukungan yang masih jarang. Belilah ponsel dengan merek terpercaya karena berpengaruh pada kenyamanan jangan hanya berpatokan pada spesifikasi tinggi. 

4. Specifikasi 
Kalo kamu suka bermain game, kamu harus pilih ponsel dengan spesifikasi mumpuni untuk menjalankan game-game berat yang ada saat ini. Ponsel dengan RAM minimal 2giga dan processor quadcore bisa kamu pertimbangkan agar game kamu berjalan tanpa ngelag. Yang suka Bowsing chating atau baca berita ada baiknya mempertimbangkan posnel dngan layar yang lebar tetapi tetap nyaman disaku misalnya ponsel yang berukuran 5 inch seperti asus zenfone5, galaxy grand.


5. Garansi
Perangkat elektronik rawan dengan kerusakan, bahkan perangkat baru pun bisa berpeluang terjadi kerusakan karena cacat produksi. Pilihlah
ponsel dengan garansi yang jelas dan ada perwakilan di daerah kamu. Ponsel dengan garansi resmi distributor akan berbeda dengan garansi toko, garansi distributor cenderung lebih terpercaya karena di jamin oleh perusahaan besar. Garansi toko lebih rawan karena bisa terjadi toko yang memberi garansi ganti nama atau bangkrut jadi kamu tidak bisa claim saat ponsel mu bermasalah. Beberapa perusahaan pemberi jaminan garansi selain garansi resmi dari distributor resmi diantaranya adalah TAM, B-Cell, Erafone dll. 

6. Harga
Ini akan sangat menentukan perangkat apa yang bisa kamu beli. Ada baiknya sebelum membeli Smartphone kamu mencari informasi di internet tentang harga ponsel terkini sehingga kamu bisa memaksimalkan budget kamu. Kalo memang hanya cukup untuk membeli ponsel second, belilah ponsel second yang masih bergaransi karena kemungkinan belum pernah di bongkar.





7. Keaslian produk 
Sebelum memutuskan untuk membeli cek dulu keaslian posnel yang kamu beli, jangan sampai akirnya kamu menyesal karena ternyata ponsel yang kamu beli palsu atau replika. Ponsel replika yang bnyak beredar dipasaran adalah ponsel Samsung galaxy series yang biasa dijual dengan nama supercopy, atau king copy dsb. Belilah ponsel di toko resmi yang terpercaya, jangan tertarik dengan iming-iming harga murah atau ponsel BM yang kemungkinan besar adalah ponsel palsu. Jika kamu membeli dengan online, belilah di toko online yang terpercaya seperti lazada.com, elevania dll.

Related Posts:

0 Response to "Tips Sebelum Membeli Smartphone Bekas Ataupun Baru"

Post a Comment